ZARMI SUKSES


web widgets

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATA

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - KALAU ADA KRITIKAN YANG MEMBANGUN SILAKAN DIKIRIMKAN KE KAMI - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Jumat, 25 Oktober 2013

KHASIAT BELIMBING WULUH

KHASIAT BELIMBING WULUH SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Tradisional – Belimging wuluh banyak ditemukan di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang berketinggian di bawah 500 mdpl. Tanaman belimbing wuluh membutuhkan kondisi kelembaban tinggi dengan intensitas sinar matahari penuh. Tanaman ini berasal dari keluarga Oxalidaceae dari spesies Averrhoa bilimbi. Kebanyakan masyarakat Indonesia mengenal tanaman belimbing wuluh sebagai tanaman pekarangan, karena penampilan tanaman ini memang kurang menarik, sementara buahnya berasa asam, sehingga kurang disukai oleh masyarakat.

Buah belimbing wuluh biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masak, dibuat manisan atau asinan, dan dijadikan sirup. Namun, terlepas dari rasanya yang tidak begitu disukai oleh kebanyakan orang Indonesia, maupun pemanfaatannya yang kurang begitu populer, belimbing wuluh memiliki khasiat yang ampuh sebagai obat tradisional. Khasiat belimbing wuluh sebagai obat tradisional telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batuk, diabetes, reumatik, sakit gigi, sariawan, gondongan, gusi berdarah, hingga tekanan darah tinggi.

Bagian tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah buah, batang, daun, dan bunganya. Belimbing wuluh mengandung beberapa senyawa penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah saponin, tanin, glukosida, hingga kalsium. Selain itu, belimbing wuluh juga dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Berikut ini, beberapa khasiat belimbing wuluh sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Sesak Napas Dan Asma

Belimbing wuluh mengandung kalium yang sangat tinggi, sehingga mampu melancarkan dahak dan melegakan sesak napas. Untuk menyembuhkan penyakit sesak napas dan asma, cukup dengan merebus dua buah belimbing wuluh dalam dua gelas air hingga mendidih. Tambahkan gula batu hingga rasanya manis, kemudian minum air rebusan tersebut 2-3 kali sehari.

Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Tradisional Untuk Menghilangkan Jerawat

Memanfaatkan khasiat belimbing wuluh untuk menghilangkan jerawat sangat mudah. Siapkan tiga buah belimbing wuluh, kemudian diparut dan tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada jerawat 2 kali sehari. Selain itu, untuk menghilangkan jerawat dapat juga dilakukan dengan mencampur parutan tiga buah belimbing wuluh dengan air garam secukupnya. Gunakan air campuran tersebut untuk menggosok wajah. Lakukan pengobatan tersebut tiga kali sehari.

Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Darah Tinggi

Salah satu khasiat belimbing wuluh yang cukup dikenal masyarakat adalah kemampuannya menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi. Sebagai obat tradisional darah tinggi, ramuan dari belimbing wuluh dapat dibuat dalam beberapa cara, yaitu:
  1. Belimbing wuluh sebanyak tiga buah kemudian dicampur dengan 25 gram biji srigading yang sudah ditumbuk halus. Rebus kedua bahan tersebut dalam satu liter air hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan diberikan kepada penderita tekanan darah tinggi sebanyak satu gelas sehari.
  2. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi adalah dengan menyiapkan enam buah belimbing wuluh muda yang masih berwarna hijau. Parut dan peras untuk diambil airnya, kemudian berikan pada penderita darah tinggi.
  3. Selain kedua cara di atas, dapat juga dilakukan dengan merebus 10 buah belimbing wuluh yang ditambah dengan 1 jari rimpang kunyit, 3 jari labu air, 3 jari gula enau, dan ¼ genggam daun meniran. Air rebusan sebanyak tiga gelas, dan biarkan hingga air tersisa setengahnya. Berikan pada penderita penyakit darah tinggi 3 kali 1 gelas sehari.

Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Batuk

Belimbing wuluh merupakan salah satu obat tradisional yang memiliki khasiat ampuh untuk menyembuhkan batuk. Cara menggunakan ramuan dari belimbing wuluh dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bagian tanaman sekaligus, yaitu daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dengan perbandingan yang sama, kemudian blender dan rebus dalam air sebanyak dua kali volume bahan. Jika bahan-bahan tersebut sebanyak satu gelas, maka air rebusan sebanyak dua gelas. Setelah mendidih, saring dan minum airnya. Agar penyembuhan lebih cepat, dapat juga ditambahkan gula batu pada saat melakukan perebusan.

Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan air rebusan belimbing wuluh adalah diabetes. Rebus 6 buah belimbing wuluh yang telah diblender dalam dua gelas air hingga air tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minumkan air rebusan tersebut pada penderita diabetes sebanyak 2 kali 1 gelas sehari.

Selain itu, parutan daun dan buah belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberpa penyakit lain, diantaranya adalah gondongan, reumatik, pegal linu, dan panu.

Demikian informasi terbaik ini kami sajikan, semoga artikel Khasiat Belimbing Wuluh Sebagai Obat Tradisional, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam zarmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar